Cara Menambah dan Memasukkan Font di Corel Draw, Mudah dan Cepat

Pada kesempatan artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menambah dan memasukkan font di Corel Draw secara mudah dan cepat. Artikel ini juga merupakan bagian kelima dari serial belajar Corel Draw yang tersedia di blog Thebeatstatseats.

cara menambah font di corel draw

Cara menambah font di Corel Draw bisa dikatakan adalah hal paling dasar yang harus dikuasai oleh seorang desainer. Kenapa bisa begitu?

Kita tahu, font yang telah disediakan oleh sistem Corel Draw tentunya tidak cukup bahkan sangat kurang untuk menunjang kebutuhan desain, terutama dalam tipografi yang mana lebih menonjolkan penggunaan font atau huruf pada desainnya.

Selain itu, cara memasukkan font ke Corel Draw juga sangat diperlukan khususnya ketika kita membuat tulisan dalam desain yang hanya bisa ditampilkan dengan baik dengan font tertentu saja, misalnya tulisan aksara Jawa, aksara Sunda, bahasa Arab, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara menambah atau memasukkan font ke Corel Draw itu sendiri? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
Baca juga: Cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw

Cara Menambah Font di Corel Draw

Download Font Terlebih Dahulu

Sebelum memasukkan font ke Corel Draw, tentunya kita harus mengunduh terlebih dahulu font yang ingin kita gunakan ke dalam desain.

Kita bisa download font Corel Draw gratis dengan mengunjungi beberapa situs penyedia font yang ada saat ini, misalnya Dafont, Google Fonts, Fontsquirrel, 1001fonts, dan lain sebagainya.

Tutorial lebih lengkap tentang cara download font, silahkan Anda kunjungi artikel yang lain yang telah saya terbitkan di blog saya yang lain.

Simpan dan Tutup Program Corel Draw

Jika Anda sekarang sedang aktif menjalankan program Corel Draw, maka simpan dulu desain yang sedang Anda buat kemudian tutup program Corel Draw terlebih dahulu.

Hal ini untuk mengatasi jika font tidak terbaca di Corel nanti setelah ditambahkan.

Install Font yang Telah Didownload

Perlu kita ketahui, font bawaan yang ada di Corel Draw adalah font yang berada di sistem komputer atau laptop kita sendiri. Jadi, untuk cara memasukkan font yang telah didownload ke Corel Draw tersebut hanya cukup dengan menginstalnya saja di laptop kita masing-masing. Berikut tutorialnya:

1. Kita bisa mengekstrak terlebih dahulu semua font yang telah kita download jika berformat .rar atau .zip.

ekstrak berkas font

2. Blok atau seleksi semua font yang berformat .ttf atau .otf, klik kanan, dan pilih Install.

install font di laptop

3. Tunggu beberapa detik hingga proses penginstalan font di laptop kita selesai.

sedang memasang font

Menampilkan dan Menggunakan Font di Corel Draw

Setelah berhasil diinstal, sekarang font tersebut telah bisa kita gunakan pada semua program atau software yang ada di laptop, termasuk Corel Draw.

1. Buat tulisan di Corel Draw menggunakan Text tool (F8).

membuat tulisan di corel

2. Ubah jenis font tulisan tersebut dengan font yang telah kita instal sebelumnya.

menampilkan font di corel draw

3. Dan inilah tampilan font yang saya contohkan dalam tutorial di artikel ini yang bernama Philosophy, Photoshoot, Santuy, dan Shink.

tampilan bentuk font
Baca juga: Corel Draw tidak bisa save? Ini penyebab dan cara mengatasinya
Itulah di atas tutorial bagaimana cara menambah dan memasukkan font di Corel Draw dengan mudah dan cepat. Apakah ada yang ingin Anda tanyakan? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menambah dan Memasukkan Font di Corel Draw, Mudah dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel